Banner

readbud - get paid to read and rate articles










Senin, 26 April 2010

CARA MUDAH DAN MURAH MENGATASI KLESTROL


Kata pepatah terlalu banyak yang baik bias tidak baik juga berlaku dalam hal kolestrol. Kolestrol sebenarnya merupakan bagian penting tubuh yang sehat. Selain membantu membentuk membrane membrane sel,juga memproduksi hormone. Tapi,kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat mengancam jiwa. Hypercholesterolemia, istilah medis untuk kolestrol tinggi,dapat menyebabkan atherosclerosis atau pengerasan arteri. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Negara-negara maju.
Mengendalikan kadar kolestrol merupakan langkah pencegahan yang penting.
Kadar kolestrol yang tinggi dapat di atasi dengan obat-obatan.
Tapi kabar baiknya adalah,ada cara mudah menurunkan kadar kolestrol seperti berikut ini.


FOKUS PADA FLAVONOID

Flavonoid membantu mencegah masalah-masalah degenerative yang berkaitan dengan oksidasi radikal-radikal bebas. Antara lain terdapat didalam the, bawang merah/Bombay,kedelai.
Cara terbaik untuk mendapatkan flavonoid adalah dengan makan berbagai jenis buah dan sayuran segar. Selain itu, saat ini juga di jual suplemen kombinasi yang mengandung grape seed extract, Pycnogenol,quercetin,Lycopene,green tea extract dan/ citrus bioflavonoids.
Dosis yang di anjurkan bervariasi, tergantung apakah Andaminum flavonoid secara terpisah atau dalam produk kombinasi.
Beberapa dosis umum adalah : 50mg untuk grape seed exract atau Pycnogenol sehari : 200 sampai 400mg Quercetin 3 kali sehari: 2.000 sampai 6.000 mg citrus bioflavonoid,rutin dan hesperidin sehari: 3 cangkir the hijau sehari dan/ 300 sampai 400mg green tea extract yang distandardisasi sehari.





DAPATKAN VITAMIN C
Asorbic acid ( vitamin C) hamper mencapai status sebagai vitamin ajaib.
Mempunyai efek positif pada kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga menunjukan dapat mencegah oksidasi LDL dan mendorong pengeluaran kolestrol dari tubuh. Dosis yang di anjurkan : 1.000 sampai 1.500 mg per hari.

Vitamin E
Kendat tidak menurunkan kadar kolestrol secara instrinsik, sejumlah studi menunjukan, vitamin E membantu mencegah radikal-radikal bebas mengoksidasi kolestrol jahat LDL yang menurut para ahli merupakan komponen kunci dalam mencegah penyakit jantung.
Sumber-sumber makanan Vitamin E adalah minyak sayur, kacang kacangan-nut, dan sayuran daun hijau. Dosis yang di anjurkan untuk suplemen : 400 sampai 800 IU per hari.




DAPATKAN LEBIH BANYAK SERAT
American Heart Association menganjurkan mendapatkan 25 sampai 30 gram serat makanan setiap hari dari berbagai berbagai macam sumber.
Beta glucan, serat khusus yang terdapat dalam oatbran dan barley, ditemukan dapat meningkatkan pengeluaran kolestrol .
Dosis yang di anjurkan: 3 sampai 8 gram beta glucan setiap hari.
Tingkatkan juga konsumsi makanan kaya serat larut seperti havermut,pea,dan apel.
Makanan tinggi serat larut terutama efektif dalam menurunkan kolestrol.
Makanan kaya serat tak larut juga baik.
OLAH RAGA
Studi-studi menunjukan,aktivitas fisik yang teratur meningkatkan kadar kolestrol baik HDL secara bermakna, dank arena itu mengurangi risiko penyakit koroner. AHA menganjurkan jalan kaki cepat minimum 30 menit, pada kebanyakan hari dalam seminggu untuk menurunkan risiko serangan jantung





Gunakan Bawang Putih

Bawang putih terkenal dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah dan mengurangi penggumpalan darah, menguatkan imunisasi dan memerangi infeksi virus dan bakteri.
Riset menemukan , bawang putih dapat produksi kolestrol almiah dari tubuh.
Seperti di ketahui ,75% kolestrol tubuh di produksi liver, bukan hasil intake makanan .
Karena itu , bawang putih terutama bermanfaat bagi orang –orang yang kadar kolestrol nya tidak merespon pada modifikasi diet.
Dosis yang di anjurkan : 3 sampai 4 siung bawang putih perhari atau 500 sampai 2.500 mg kapsul bawang putih.




















MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun adalah pahlawan untuk jantung.
Lemah tak jenuh tunggall di dalam minyak zaitun menyebabkan penurunan kadar kolestrol jahat LDL dan menjaga kadar kolestrol baik HDL tetap stabil.
Juga mengandung polyphenols yang bias lebih lanjut menurunkan risiko penyakit jantung.
Dosis yang di anjurkan: gunakan minyak zaitun untuk masak dan/ atau sebagai bumbu salad.

*( Sebelum minum suplemen apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda)

0 komentar:

Posting Komentar